Pesona Keindahan Danau Sun Moon Taiwan

Danau Sun Moon di Nantou adalah danau terbesar di Taiwan. Dengan 6 juta pengunjung setahun, danau ini merupakan salah satu objek wisata paling terkenal di Taiwan, bersama dengan Alishan dan Taman Nasional Taroko. Danau ini terkenal dengan air birunya yang jernih dan berkilau dengan latar belakang pegunungan yang indah. Danau terbesar di Taiwan merupakan tempat tradisional bagi pasangan pengantin baru untuk berbulan madu. Tempat ini bukan hanya destinasi wisata semata, tetapi juga telah menjadi pusat kehidupan penduduk asli selama ribuan tahun. Penduduk asli sana telah terlibat dalam industri wisata sejak tahun 1930-an.

Danau ini dikelilingi oleh pegunungan di semua sisi, terletak sekitar 748 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman air sekitar 27 meter. Tepi Danau Sun Moon telah dihuni oleh salah satu suku asli Taiwan yaitu suku Thao sejak Dinasti Qing. Saat ini, suku Thao yang sebagian besar tinggal di desa tepi danau Ita Thao, hanya berjumlah kurang dari 1000 jiwa. Ini menjadikan mereka salah satu suku dengan jumlah anggota paling sedikit dari suku-suku asli Taiwan yang diakui resmi. Sebagai salah satu dari 13 tempat yang ditetapkan sebagai Daerah Indah Nasional di Taiwan, danau yang indah ini mendapatkan namanya dari bentuknya. Sisi timur Danau Sun Moon dikatakan menyerupai matahari, sedangkan sisi barat menyerupai bulan.

Akses Menuju Danau Sun Moon

Kota Taichung adalah titik akses utama ke Danau Sun Moon. Tidak ada kereta yang berangkat langsung ke Danau Sun Moon sehingga pilihan terbaik Anda adalah naik bus dari Taipei atau Taichung. Jika Anda merasa ini mungkin akan membingungkan, Anda juga bisa bergabung dengan Ina Harmoni Travel untuk mengunjungi destinasi satu ini. Ada beberapa objek wisata di sekitar Danau Sun Moon, yang meliputi Kuil Wenwu, Kereta Gantung Danau Sun Moon, dan pemandangan indah di sekitar danau, menjadikannya tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Desa Ita Thao

Desa Ita Thao adalah destinasi favorit para turis dalam perjalanan. Ada banyak makanan jalanan, toko-toko suvenir, dan hiburan di seluruh desa.

Sebuah pusat kecil di desa Ita Thao masih melestarikan dan memperkenalkan adat istiadat orang-orang Thao. Hanya beberapa tetua masih berbicara bahasa Thao, dan kultur peradaban mereka kini sedang diambang kepunahan. Anda dapat menonton pertunjukan musik di tempat ini. Tempat ini juga menampilkan lagu dan tarian dari suku Bunun, suku lain yang hidup di wilayah Danau Sun Moon yang lebih besar.

Kereta Gantung Danau Sun Moon

Sun Moon Lake Ropeway wajib dikunjungi ketika mengunjungi Danau Sun Moon.

Pemandangannya luar biasa, belum lagi Taman Desa Budaya Penduduk Asli Formosa terletak di ujung kereta gantung atau gondola. Gondola ini berjarak 800 meter dari Desa Ita Thao.

Kuil Wenwu

Pemandangan dari atas kuil Wenwu, dengan atap oranye kuil di latar depan dan danau di latar belakang, adalah pemandangan Danau Sun Moon yang paling ikonik.

Banyak orang berpendapat ini adalah salah satu kuil yang paling cantik di Taiwan. Bangunan besar dan mengagumkan ini dibangun dengan gaya istana di Cina utara. Dalam budaya Tiongkok, kuil Wenwu adalah tempat bersemayamnya dewa yang mengatur urusan perkawinan. Awalnya ada 2 kuil berdiri di sisi Danau Sun Moon tetapi dirobohkan ketika proyek bendungan menyebabkan tingkat danau naik pada tahun 1919. Kuil baru dibangun di lokasi yang sekarang pada tahun 1938, dan kemudian dibangun kembali dan diperluas pada tahun 1969.

Pagoda Ci En

Melanjutkan perjalanan melewati desa Ita Thao, tempat menarik berikutnya adalah Pagoda Ci En.

Pagoda 43 meter itu didirikan atas perintah mantan presiden Chiang Kai-shek untuk mendiang ibunya pada tahun 1971. Untuk mencapai bagian atas pagoda, jaraknya adalah 570 meter dengan tangga. Sangatlah layak untuk datang melihat pemandangan indah Danau Sun Moon dari atas pagoda.