Pantai-Pantai Indah di Belitung

Pantai-Pantai Indah di Belitung | Belitung atau Belitong adalah sebuah pulau di lepas pantai timur Sumatera yang penuh tempat indah. Diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata, kata Belitung diambil dari bahasa lokal berarti siput laut. Di Belitung, tujuan wisata utamanya adalah pantai dan pulau-pulau. Pantai-pantai tersebut misalnya saja Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa destinasi wisata paling indah di Belitung :

Danau Kaolin Biru

Terletak di Desa Air Raya Tanjungpandan, danau ini terbentuk karena aktivitas penambangan di masa lalu. Kaolin sendiri adalah jenis mineral yang digunakan dalam produksi kertas, kosmetik, makanan, dll. Penambangan Kaolin kini telah ditinggalkan. Saat ini, tempat ini menjadi salah satu objek wisata terbesar di Belitung. Danau ini terletak di pinggir jalan, sehingga semua orang bisa mencapainya tanpa kerepotan, apalagi dengan ukurannya yang sangat besar. Air di Danau Biru Kaolin memiliki warna turquoise atau biru tosca, sedangkan tepi danau didominasi warna putih bersih.

Pantai Tanjung Tinggi

Di Kabupaten Sijuk, Anda dapat menemukan Pantai Tanjung Tinggi yang terletak di bagian utara Pulau Belitung. Pantai ini menjadi terkenal dengan Laskar Pelangi Movie oleh Andrea Hirata. Namun, jika Anda melihatnya lebih dekat, Tanjung Tinggi memang patut mendapatkan popularitasnya bukan karena ditampilkan dalam film tetapi lebih karena keindahannya yang luar biasa. Tanjung Tinggi terletak di antara dua semenanjung, dengan hamparan pasir dan batu granit di sepanjang pantai.

DCIM\100MEDIA\DJI_0027.JPG

Tanjung Tinggi berbentuk seperti teluk dengan pantai berpasir yang luas di tepi air laut biru jernih. Keindahannya tampak menonjol dengan lanskap sempurna yang dihiasi padang rumput kehijauan dan Selat Karimata di utara. Namun yang terpenting adalah blok batu granit yang menjadi daya tarik utama pantai. Anda dapat menemukan tumpukan granit di kedua sisi. Terletak di setiap ujung pantai, batu-batu itu hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Karena ombaknya tenang, wisatawan diperbolehkan berenang di sini. Di masa lalu, tempat ini adalah pelabuhan lokal. Banyak nelayan memarkir kapal mereka di sini. Saat ini, tempat ini menjadi tempat liburan yang sayang dilewatkan di Belitung.

Pulau Lengkuas

Dengan luas total kurang dari 1 hektar, Lengkuas terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Meskipun mungkin dari segi ukuran tidak terlalu besar, namun ia menawarkan berbagai kemegahan. Pulau kecil yang sederhana ini menawarkan pemandangan indah, pohon-pohon palem yang rimbun dan batu-batu besar yang menyenangkan untuk dipanjat atau berenang di bawahnya. Pulau Lengkuas diberkati dengan pantai yang masih asli, perairan biru kehijauan dan batu-batu granit berbagai ukuran. Keberadaan mercusuar tua yang berumur seratus tahun juga menawarkan pemandangan pulau dan sekitarnya yang sangat menarik.

Melintasi perairan dangkal yang tidak terlalu dalam, kita bisa melihat bahwa air disana sangat transparan sehingga dasar laut terlihat jelas. Di bawah permukaan, perairan di sekitar pulau dipenuhi dengan ikan berwarna-warni dari berbagai jenis, terumbu karang yang masih asli, sejumlah besar bintang laut dan lebih banyak batu-batu granit yang menarik. Air yang cukup tenang dan dangkal menjadikannya tempat yang sempurna untuk berenang dan snorkeling, sementara di pantai semilir angin segar akan benar-benar memanjakan mereka yang berbaring di pasir putih yang lembut.

Tanjung Kelayang

Tampil unik dan memukau, Tanjung Kelayang menawarkan kombinasi pasir pantai putih dan batu-batu granit yang indah.

Tanjung Kelayang hadir dengan berbagai pulau-pulau kecil di lepas pantai. Pantai Tanjung Kelayang memiliki garis pantai yang indah. Panjangnya sekitar 4 km. Air lautnya tenang sehingga sangat cocok untuk perenang. Di barat, Anda dapat menemukan 3 pulau kecil. Jaraknya sekitar 750 meter. Apa yang membuatnya benar-benar unik adalah formasi batu-batu besar yang menghiasi pantai. Bagian barat pulau ini cocok untuk menyaksikan matahari terbenam.