Indahnya Kepulauan Berau Derawan

Indahnya Kepulauan Berau Derawan | Salah satu tempat wisata di Indonesia yang terkenal dengan indahnya adalah Kepulauan Berau Derawan. Kepulauan Berau Derawan adalah surga bagi pecinta bawah air. Terletak tidak jauh dari daratan Kalimantan Timur di kabupaten Berau, kepulauan Derawan terdiri dari 31 pulau, yang paling terkenal di antaranya adalah pulau Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban. Pada tahun 2005, kepulauan ini dinominasikan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Dalam beberapa tahun terakhir tempat ini populer sebagai salah satu tempat liburan pantai eksotis terbaik di Indonesia. Keindahan Pulau Derawan bisa Anda nikmati dengan berbagai cara termasuk menyelam dan snorkeling. Pulau-pulau di kabupaten Berau, pantai Kalimantan Timur ini merupakan salah satu tempat menyelam terbaik di dunia.

Pulau Kakaban

Keanekaragaman Hayati yang Menakjubkan

Kepulauan ini juga merupakan tempat bersarang terbesar di Indonesia bagi penyu hijau (Chelonia mydas) dan penyu sisik raksasa (Eretmochelys imbricata) yang langka dan terancam punah, di mana orang dapat menyaksikan penyu bertelur di pasir atau berenang di laut bersama penyu.

Seluruh wilayah konservasi laut tempat ini mencakup luas total tidak kurang dari 1,27 juta hektar. Kepulauan ini adalah surga tropis dengan pulau-pulau yang hangat dan terisolasi, pantai berpasir putih lembut yang dikelilingi oleh pohon-pohon palem yang melambai.

Spot Menyelam Spektakuler

Di Pulau Derawan, selain menawarkan pantai-pantai putih yang spektakuler, kehidupan bawah laut di Kepulauan Derawan juga sangat menakjubkan. Ada lebih dari 28 tempat menyelam di sini dan Anda tidak akan sendirian karena banyak wisatawan domestik dan asing menyelam di ekosistem yang indah ini. Kepulauan Derawan adalah surga bagi penyelam. Kehidupan bawah laut yang menakjubkan bisa ditemukan disini, mulai dari kura-kura raksasa, lumba-lumba, pari manta, duyung, barakuda, ubur-ubur yang tidak menyengat dan kadang-kadang, paus. Di sini juga terdapat sekitar 460 spesies karang yang berbeda, yang menempati peringkat kedua setelah Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat. The Nature Conservancy dan tim pakar internasional juga menemukan lebih dari 870 spesies ikan dan binatang air lainnya di sini, termasuk kuda laut hingga pari manta raksasa. Beberapa di antara fauna tersebut adalah spesies yang dilindungi seperti penyu hijau, penyu skala, paus, lumba-lumba, kerang raksasa, kepiting kelapa, dan barakuda.

Di kepulauan ini, ada beberapa pulau yang memiliki keunikan tersendiri dan paling terkenal. Setiap pulau tersebut seringkali dikaitkan dengan fauna unik yang tinggal disana. Pulau-pulau tersebut diantaranya adalah :

Kakaban, Pulau Ubur-Ubur

Anda bisa berenang di danau yang penuh ubur-ubur yang tidak menyengat. Kakaban adalah pulau unik dimana hanya pinggirannya saja yang merupakan daratan, bagian tengah pulau adalah danau yang menjadi rumah bagi ubur-ubur yang tidak menyengat. Kakaban mungkin terangkat ke permukaan selama era Holocene dan menyebabkan air laut terperangkap, membentuk danau laut yang terkurung di tengah. Air danau ini sekarang merupakan campuran air asin dan air tawar dari hujan.

Sangalaki, Kerajaan Pari Manta

Jika Anda beruntung saat berkunjung ke pulau ini, Anda dapat melihat pari manta. Perairan di sekitar Sangalaki menyediakan habitat alami untuk pari manta, sehingga banyak penyelam yang menjuluki tempat ini sebagai “Kerajaan Manta”. Penghuni laut besar ini memiliki lebar sayap yang dapat mencapai 4 meter.

Maratua, Ibukota Penyu Indonesia

Pantai Maratua merupakan habitat penyu hijau. Maratua dikenal sebagai “The Turtle Capital of Indonesia” atau “Ibukota Penyu Indonesia”. Julukan ini pada awalnya diberikan oleh situs penyelaman Turtle Traffic. Pulau ini memang tempat yang disukai penyu untuk bersarang dan mencari makan.