Tips Menjadi Traveller Bertanggung Jawab

Tips Menjadi Traveller Bertanggung Jawab | Travelling memang menyenangkan, tetapi tetaplah menjadi traveller yang bertanggung jawab, ada beberapa tips untuk itu. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan :

Awasi Sampah Anda

Sampah plastik telah menjadi epidemik akhir-akhir ini. Menurut Coastal Care “Setiap tahun, 8 juta metrik ton plastik berakhir di lautan kita”.

Bukan saja sampah di pantai (dan di dalam air) dapat merusak pemandangan, tetapi juga sangat berbahaya bagi kehidupan laut dan lingkungan. Banyak dari burung laut yang ditemukan memiliki sisa-sisa plastik yang mematikan di perut mereka, garam meja yang dibeli dari toko kelontong di Cina ditemukan memiliki partikel plastik di dalamnya, dan banyak makanan laut yang kita konsumsi terkontaminasi dengan plastik mikro.

Tentu saja mungkin sulit untuk sepenuhnya menghilangkan penggunaan plastik dari hidup Anda, dan terutama sulit saat bepergian. Tetapi hal-hal sederhana seperti tidak membuang sampah sembarangan, menyimpan sampah Anda di kantong saat tak ada tempat sampah, menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan dsb akan dapat membuat perubahan besar jika kita semua melakukannya.

Jangan Mengganggu Ekosistem

Jika Anda mengunjungi tempat-tempat yang masih alami seperti pantai, hutan, gunung, dsb, Anda perlu ingat bahwa bagaimanapun juga tempat tersebut adalah habitat berbagai flora dan fauna. Anda mungkin juga akan bertemu dengan berbagai makhluk hidup yang belum pernah Anda lihat sebelumnya. Tergantung situasi, bisa jadi Anda harus menjaga jarak aman dari makhluk hidup yang ada disana. Jangan sembarangan memberi makan binatang karena apa yang aman dimakan manusia, belum tentu aman untuk binatang.

Monyet misalnya, sangat rentan terhadap penyakit dari tangan manusia. Mereka dapat mati karena bakteri dari tangan Anda, meski bakteri tersebut tidak memiliki efek buruk pada manusia. Monyet liar memang memakan pisang, tetapi pisang yang kita makan berbeda dengan yang tumbuh secara liar. Pisang yang kita makan dibudidayakan untuk manusia dan memiliki lebih banyak gula. Pisang ini terlalu manis untuk primata, dapat mengganggu sistem pencernaan monyet dan menyebabkan masalah gigi serius yang dapat menyebabkan kematian pada akhirnya. Memberi makan binatang juga berpotensi mengganggu kebiasaan makan alami dan mengganggu keseimbangan gaya hidup mereka.

Hormati Budaya & Norma Setempat

Penting untuk menghormati budaya dan adat istiadat dari tujuan yang Anda kunjungi. Konsekuensi dari mengabaikan hal ini bisa fatal dan bahkan bisa membuat Anda didenda atau lebih buruk lagi, dipenjara. Sudah ada beberapa kejadian yang menunjukkan hal ini, misalnya saja pada tahun 2015 saat beberapa turis berfoto telanjang di puncak gunung Kinabalu, Malaysia. Pengadilan di Kota Kinabalu mendenda mereka masing-masing 5.000 ringgit Malaysia dan menjatuhkan hukuman tiga hari penjara.

Di banyak bagian dunia, mengenakan celana pendek dan kaos dianggap tidak sopan. Jika Anda bepergian ke Iran, wanita harus mematuhi aturan berpakaian – termasuk mengenakan jilbab. Jika Anda mengunjungi kuil dan tempat keagamaan, pastikan Anda berpakaian sesuai. Di Bali, Anda sebaiknya mengenakan celana atau rok panjang, di Thailand Anda harus menutupi lutut dan bahu Anda. Pakaian wisatawan lain tidak mencerminkan apa yang benar dan salah, jadi selalu lakukan riset tentang adat setempat.

Beli Barang Lokal

Saat Anda di luar negeri, pertimbangkan di mana Anda ingin menghabiskan uang Anda untuk urusan makan, camilan, suvenir, pakaian, dll.

Salah satu cara terbaik untuk memberikan dampak positif pada kehidupan penduduk di negara yang Anda kunjungi adalah dengan membeli produk yang ditanam / dibuat secara lokal. Jika Anda ingin makan di luar, tidak ada salahnya mencoba penjual makanan di pinggir jalan! Kemungkinan besar, itu akan menjadi makanan paling otentik dan khas dari tempat yang Anda kunjungi.

Jangan Menawar Keterlaluan

Dukunglah secara positif penghidupan para pedagang dan ingat bahwa tujuan tawar menawar adalah supaya Anda membayar dengan harga yang paling adil untuk kedua pihak, bukan yang termurah.

Selain itu, tawar-menawar bukanlah praktik yang selalu dilakukan di setiap negara – jadi pastikan untuk mengetahui etiket setempat demi memastikan Anda tidak melanggar norma setempat dengan mencoba melakukan tawar menawar.

Berwisata secara bertanggung jawab tidak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat mengubah hidup dan membuka mata kita. Melakukan yang terbaik untuk menjadi seorang traveller yang bertanggung jawab penting demi melakukan bagian kita bukan hanya sebagai traveller, tetapi juga sebagai manusia yang berbagi tempat di planet ini dengan jutaan spesies lainnya.