Traveling sendirian siapa takut?

Ngebolang atau jadi bocah hilang menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk sebagian orang, Karena kamu bisa menjelajah tempat tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi tanpa takut diganggu kamu juga gak harus berkompromi dengan mengikuti kemauan siapa dan bebas kemana kaki mau melangkah,tapi tenang traveling sendirian gk selalu kesepian kok. buat mereka yang belum pernah melakakuan traveling solo kaya gini mungkin ada perasaan takut,cemas kenapa kenapa dijalan. Nah ini tips buat kamu yang mau coba traveling sendirian/atau jadi backpacker.

  • Sebelum meninggalkan rumah riset dulu riset dulu penginapan,jam operasional transportasi umum serta detil daerah rawan kejahatan dan modus pencopetan. Lakukan riset terlebih dahulu tentang semuanya: harga tiket menuju lokasi tujuanmu,akomodasi,tarif dan jam operasional transportasi umum,dan harga masuk tiket wisata disana.
  • Buat anggaran serta rencana perjalanan selengkap mungkin dan berapa banyak uang yang harus kamu sisihkan. anggaran dan rencana adalah panduanmu selama perjalanan,ingat loh kamu sendirian jadi gk mungkin nanya “habis ini kita kemana ya?” dalam panduanmu pastrikan kamu sudah mendetailkan rencana perjalanan dari mulai bangun pagi hingga kembali ke penginapan.Rencanakan,mau naik apa untuk pindah dari satu destinasi wisata ke satu destinasi wisata lainnya? berapa uang yang harus disisihkan untuk makan. Namun panduan itu gk harus kamu ikutin seratus persen,seru juga kalo menemukan hal baru sepanjang perjalanan atau diajak orang lokal untuk kerumahnya.Tapi setidaknya jika sudah panduan kamu akan tau akan kemana lagi setelah satu destinasi habis kamu jelajahi.
  • Belajar packing seringan mungkin,ingat tidak ada yang membantu membawa barang bawaanmu. sebagai seorang backpaker, mau gak mau kamu harus menenteng barang bawaanmu sendirian,terutama saat pindah dari dan pindah menuju tempat menginap atau pindah kota. Nah, untuk mempraktekan packing seringan mungkin memang agak gampang gampang susah, karna sering kali kita tergoda untuk membawa hal hal yang gak perlu dan jadinya akan ribet sendiri. Beban yang ringan akan membantumu bermanuver dari satu tempat ke tempat lain, jumlah barang bawaan juga tergantung dari lamanya perjalananmu, tapi hindari membawa pakaian lebih dari seminggu, toh bisa dicuci sendirikan? membawa barang yang ringan juga membuatmu tidak tampak seperti turis asing yang mudah menjadi target penipuan.
  • Mumpung sendirian kamu bisa traveling ala couchsurving dan memperluas jejaring dengan numpang ditempat orang. Couchsurving adalah sistus jejaring dimana kamu bisa menemukan sesama traveler dari berbagai belahan dunia yang menyediakan rumahnya sebagai tempat singgah untuk traveler lain,Lewat couchsurving kamu bisa berinteraksi dengan warga lokal sekaligus mendapatkan tempat menginap gratis.Malah kalo tuan rumahnya mau kamu bisa diajak jalan jalan dengan tour guide terpecaya yaitu orang lokalnya sendiri. Jangan khawatir couchsurving ini termasuk aman kok,sebelum menentukan kamu menginap dimana kamu bisa liat testimoni tesmoni orang yang pernah main kerumah mereka.Kamu juga bisa menggunakan couchsurving dimana saja tidak harus diluar negeri banyak juga couchsurver di indonesia yang bersedia menampungmu.Saat kamu traveling mengunakan couchsurving bisa menjadi andalan selain kamu gk makan tempat karna cuman sendiri,kamu juga bia lebih intim berinteraksi.Coba bayangkan kamu datang rombongan belum tentu kamu dipersilahkan untuk singgah,bisa tekor si tuan rumah. selain couchsurving ada juga forum komunitas backpacker yang bersedia menyediakan tempat singgah untukmu.
  • Kalo kamu tidak mau menumpang ditempat orang kamu bisa temukan penginapan ala hostel yang punya ruangan bersama. Kamu akan sulit menemukan sesama traveler jika tinggal dihotel privat,coba saja pilih hotel yang menyediakan dorm homogen atau campur yang lengkap dengan ruangan komunal seperti dapur dan ruang rekreasi.disanalah kamu akan menemukan sesama traveler yang bisa diajak berkenalan dan berbagi cerita.Siapa tahu kamu akan menemukan teman yang 1 tujuan sehingga bisa dijadikan rekan perjalanan sementara atau sampai hari tua “eh”
  • .Usahakan sampai dikota tujuan pada siang hari,dengan begini mencari penginapan lebih mudah dan berkeliling kota lebih aman Dengan sampai dikota tujuan pada siang hari hal hal yang bisa membuat repot bisa dihidari,seperti mencari tempat transportasi umum ke tempat kamu menginap,resepsionis penginapan juga pasti buka jadi kamu gk perlu terpaksa tidur distasiun atau terminal atau jika kamu dijemput,kamu tidak perlu merasa tidak enak seperti kamu sampai di malam hari atau dini hari. Selain itu kamu bisa mengakali tidur diperjalanan di malam hari dan sampai ke esokan harinya,kota asing yang pertama kali kamu datangi terasa lebih aman pada siang hari.
  • Setelah sampai dikota tujuan buat peta kecil untuk menemukan penginapan agar tidak terlihat celingukan ditempat asing setelah sampai di kota tujuanmu,usahakan tidak terlihat celingukan seperti turis asing bertindsk seperti warga lokal yang sudah mengenal medan.Kamu tidak perlu mengerluarkan peta segede gaban atau kitab tebal lonely planet yang kamu beli mahal mahal ditoko buku terkenal.Smartphone mu bisa digunakan untuk maps kemana tujuanmu atau kamu bisa menggunakan secarik kertas kecil untuk menandakan penginapan mu maupun tempat wisata yang akan kamu tuju. Hal ini membuat mu tidak terlihat mencolok terutama saat berjalan kaki.
  • .Pisahkan uang dan atm mu dan sediakan hardcopy dan softcopy dokumen pentingmu Selama jalan jalan,simpan uang tunai kartu ATM atau kartu kredit lebih dari 1 tempat penyimpanan,misalnya disabuk atau kaos kaki.tinggalkan juga uang ditas yang kamu tinggal di loker penyimpanan.seandainy kamu kecopetan dijalan kamu gk terlalu panik karna kamu punya cadangan uang.Penting juga kamu softcopy dan hardcopy dokumen dokumen penting seperti KTP,PASPOR dan tanda pengenal lainya simpan hardcopy di keril dan softcopy di cloud yang bisa kamu akses dimana saja.
  • Catat nomer penting dari kota yang kamu kunjungi simpan juga nomer orang terdekat sebagai kontak darurat. Penting sekali buat kamu nyimpen nomer nomer kontak darurat dari kota yang kamu kunjungi,terutama tempat menginap,poisi rumah sakit. dan juga jangan di hp saja catat juga di secarik kertas.Catat juga nomer orang terdekat kamu dikertas dan simpan di dompet atau di tas kecil,sakumu. ini bertujuan jika kamu kenapa kenapa dijalan seperti tiba tiba pingsan atau tiba tiba kecelakaan orang orang yang menolongmu bisa langsung mengabari mereka. ya semoga kamu jangan sampai mengalami hal tsb,tapi antisipasi juga gak salah kan?
  • .Saat traveling jadi banci sosmed juga disarankan,bukannya untuk pamer tapi memberi petunjuk ke kekeluargamu seandainya terjadi sesuatu kepadamu. lakukan live ig,live tweet atau update status di jejaring sosial media semua kegiatan mu selama melakukan solo traveling. bukannya buat pamer tapi jika terjadi sesuatu atau tiba tiba kamu tidak bisa dihubungi orang terdekatmu bisa tau dari mana harus mulai mencari. Sekali lagi bukan traveling sendirian itu berbahaya,ini adalah salah satu tindakan antisipasi tapi jika kamu merasa hal ini terlalu mencolok kamu bisa mengirim pesan singkat sertakan juga lokasinya ya.
  • Penting bagimu untuk mengabadikan momen,lawan rasa gengsi mu tidak ada salahnya take a selfie Keluarga dan teman suka melihat foto foto liburan yang ada kamunya,selain landmark dan tempat wisata. gak ada salahnya untuk kamu take a selfie setidaknya sekali.toh siapa lagi yang akan fotoin kamu kalo sendirian.
  • Kamu akan bertemu orang baik sepanjang perjalanan,namun tetaplah menjadi dirimu sendiri ikuti naluri mu semoga aman diperjalanan dan hati hati. Traveling sendirian juga punya banyak arti,karna dulu kamu biasa mengandalkan orang lain dari traveling sendirian kamu bisa belajar menaklukan diri sendiri dan mendengarkan naluri. Banyak yang menawarkan kebaikan kepadamu,namun jangan percaya begitu saja kepada satu orang satu satunya orang bisa hanya dirimu sendiri makanya penting untuk mu mendengarkan nalurimu sendiri,jika kamu melihat hal yang gak beres sebaiknya menghindar dan pergi dari sana.

Nah,tadi itu tips untuk kamu yang akan berpergian sendiri ngebolang,backpacker,solo traveling.jadi kamu perjalananmu akan nyaman dan aman. percaya deh sekalinya kalian ngerasain jadi solo traveler pasti akan ketagihan.